Pemenang Penghargaan Reksadana Terbaik 2013
PDF
Cetak
Surel

(Sumber:Majalah Investor) Jakarta - Ajang pemeringkatan reksa dana 2013 masih memberi panggung pada sejumlah  pemenang yang telah mengukir prestasi tahun lalu. Namun, yang agak berbeda, tahun ini ada beberapa nama baru mencuat sebagai pemenang. Antara lain, reksa dana yang dikelola PT Syailendra Capital dan PT Emco Asset Management.

Tahun lalu, produk reksa dana racikan PT Syailendra Capital tak ada yang  masuk dalam daftar pemenang reksa dana terbaik. Begitu juga produk yang dikelola PT Emco Asset Management. Tapi, tahun ini, produk dari dua perusahaan manajer investasi itu mampu menggaet penghargaan bergengsi di jajaran industri reksa dana Tanah Air.

Adalah Syailendra Equity Opportunity Fund yang mengangkat nama PT Syailendra Capital ke permukaan. Produk reksa dana saham ini tercatat sebagai reksa dana saham terbaik untuk kelas aset di atas Rp 1 triliun, dalam periode penilaian 1 tahun. Sedangkan, PT Emco Asset Management mengukir prestasi lewat produk reksa dana saham Emco Mantap yang menjadi reksa dana saham terbaik untuk kelas aset di bawah Rp 100 miliar, dengan penilaian periode 1 tahun.

Di luar nama-nama baru itu, perusahaan manajer investasi PT Sinarmas Asset Management dan Panin Asset Management masih mendominasi perolehan penghargaan reksa dana terbaik 2013. Sinarmas Asset Management menjadi perusahaan manajer investasi yang paling banyak memperoleh penghargaan pada pemeringkatan reksa dana  2013. Dari 34 penghargaan, Sinarmas mengantongi 11 penghargaan, sedangkan  Panin Asset Management  meraup 6 penghargaan.

Pada kelompok reksa dana saham, produk Panin Asset Management menyabet empat penghargaan, yaitu reksa dana saham periode tiga tahun dengan aset di atas Rp 1 triliun, reksa dana saham periode lima tahun dengan aset di atas Rp 1 triliun, reksa dana saham periode lima tahun dengan aset antara Rp 100 miliar sampai  Rp 1 triliun, dan reksa dana saham periode 7 tahun dengan aset di atas Rp 1 triliun. Bila Panin unggul pada kategori reksa dana saham, Sinarmas Sekuritas justru memimpin pada reksa dana pendapatan tetap dan  campuran.

Penghargaan kepada reksa dana terbaik itu diberikan pada acara   Penganugerahan  Reksa Dana Terbaik 2013 yang diselenggarakan di Financial Club Jakarta, Kamis (28/2). Tahun ini adalah tahun ke-12 Majalah Investor melakukan pemeringkatan reksa dana. Ada 34 penghargaan diberikan kepada 22 reksa dana, yang dikelola 12 manajer investasi (MI).  

“Pemberian penghargaan   ini merupakan   apresiasi  terhadap   reksa dana yang    memiliki kinerja terbaik, sekaligus mendorong pengelola reksa dana agar terus meningkatkan kinerja,”  kata Pemimpin Redaksi Majalah Investor,  Primus Dorimulu.

Pemeringkatan  reksa dana  dihitung   berdasarkan tiga komponen penilaian, yaitu  Risk Adjusted Return, pertumbuhan unit penyertaan serta alokasi portofolio.

Periode  pemeringkatan  menggunakan  4 kategori  jangka waktu untuk masing-masing jenis  reksa dana.  Pada pemeringkatan reksa dana setiap tahunnya, reksa dana yang datanya tidak diterima hingga batas waktu yang ditetapkan, tidak akan diperingkat. Periode pemeringkatan dibagi menjadi 1, 3, 5 dan 7 tahun. Namun dalam hal ini dilakukan pengecualian untuk reksa dana  pasar uang dan reksa dana campuran

Dalam pemeringkatan reksa dana ini Litbang Majalah Investor bekerjasama dengan  PT Infovesta Utama, sebuah lembaga riset reksa dana. Berdasarkan hasil pemeringkatan, ada 11 penghargaan  untuk reksa dana saham. Berikutnya, sembilan reksa dana campuran, sembilan reksa dana pendapatan tetap rupiah, tiga reksa dana pendapatan tetap USD, dan dua reksa dana pasar uang.

Sebelum  pemeringkatan reksa dana dilakukan,  ada sejumlah seleksi awal yang harus dilewati. Antara lain,  waktu beroperasi reksa dana   minimal  tiga  tahun untuk  kategori  pemeringkatan  berdasarkan kinerja tiga tahun, beroperasi minimal lima tahun untuk kategori pemeringkatan berdasarkan kinerja  lima tahun, dan beroperasi  minimal   tujuh  tahun   untuk kategori pemeringkatan berdasarkan  kinerja  tujuh tahun.

Seleksi lain menyangkut pelanggaran dan  sanksi  dari  Bapepam.  Sikap kooperatif dari pengelola reksa dana juga dipertimbangkan. Sikap kooperatif itu  ditandai dengan kerjasama dalam pengumpulan data dan pemberian informasi terkait pemeringkatan. Sementara itu, reksa dana terproteksi  tidak diikutkan dalam pemeringkatan.

Kriteria pemeringkatan untuk reksa dana saham dibagi menjadi tiga  yaitu, risk and return  dengan bobot 70%, pertumbuhan unit penyertaan 10%, dan alokasi portofolio dengan bobot 20%. Penilaian terhadap risk and return dilakukan dengan menggunakan metode Sharpe Ratio. Semakin besar Sharpe Ratio, maka bisa dikatakan  semakin optimal suatu reksa dana. Metode Sharpe Ratio juga merupakan metode standar yang digunakan lembaga international dalam memberikan rating terhadap reksa dana.

AddThis Social Bookmark Button
 

Emco Adidaya Kapitalindo

Emco Training and Education Center bergerak di bidang pelatihan sebagai penyelenggara dalam kegiatan Seminar dan atau Pelatihan dibidang keuangan dan perbankan. Baik dalam bentuk In House Training maupun Kursus dan Pelatihan umum. Pelatihan yang kami berikan antara lain;

• Pelatihan Treasury untuk Calon Dealer
•Pelatihan Treasury untuk Staff Bank bukan Dealer
• Pelatihan Asset Liabilities Management
• Sertifikasi Resiko Management (BSMR)
• Pelatihan untuk Audit Perbankan
• Dll sesuai dengan kebutuhan Perbankan dan lembaga Keuangan lainnya.

Selengkapnya

Emco Asset Management

NAB 14 April 2014

EMCO Mantap: NAB 7.040,28

Launching Product : 11 Agustus 2005

EMCO Growth Fund: NAB 1.370,41

Launching Product : 11 Maret 2008

EMCO Dana Prima: NAB 1.019,12

Launching Product : 18 September 2012

EMCO Terproteksi Syariah: NAB 1.006,04

Launching Product : 11 Juli 2013

EMCO Terproteksi: NAB 1.029,03

Launching Product : 26 September 2013

Penghargaan Reksa Dana Emco Mantap sebagai BEST MUTUAL FUND 2013

Currency Rates